Cara Membuat Internet Hotspot Sekolah

Jasa Setting Mikrotik - Bicara soal Internet tanpa kabel tentunya kita akan berbicara seputar WiFi, dimana interkoneksi yang terjadi akan berbasis wireless atau tanpa kabel. Saat ini keberadaan wifi tidak bisa dipungkiri, bahwa sangat mendukung dan penting dalam kehidupan kita sehari-hari khususnya anda yang menggunakannya untuk keperluan mencari informasi yang sifatnya up to date ( kekinian ).

Penggunaan internet juga saat ini dirasakan penting bagi anda yang masih mengenyam pendidikan dibangku sekolah, mulai dari tingkat SD hingga Universitas. Saat ini bahkan Ujian Nasional pun sudah berbasis online

Sesuai pengalaman kami dilapangan, banyaknya sekolah bahkan universitas yang memiliki kapasitas bandwidth terbatas namun ingin digunakan oleh banyak pengguna secara bersamaan. Maka tidak jarang para IT dibidang pendidikan khususnya staff IT di sekolah akan merasa kelimpungan dan serba salah, ingin nambang kapasitas bandwidth tapi susah tidak bisa...bahkan diperparah dengan dateline untuk penggunaan internet sekolah sudah dekat.
Lalu ..bagaimana cara efektif membuat internet hotspot sekolah bisa terpenuhi kebutuhannya dengan kapasitas bandwidth yang terbatas ? 
1. Pengenalan Alat Hotspot / Router Wifi Aksespoint

Anda perlu mengetahui kapasitas aksespoint yang dimiliki oleh sekolah, seberapa besar daya tampung koneksi yang bisa dipakai oleh pengguna secara bersamaan. Secara umum aksespoint dengan merek-merek lokal ( mis. TP**nk ) hanya bisa terkoneksi paling tinggi 10 user pada 1 aksespoint, hal ini juga terkait dengan throughput alat tersebut. Througput aksespoint itu ibarat selang/pipa saluran yang akan disalurkan ke pengguna internet, dimana semakin besar throughput suaru aksespoint maka semakin banyak user yang bisa ter-conected dan bisa menggunakannya secara nyaman.

Dalam hal ini kami menggaris bawahi kata "nyaman", dimana pengguna jaringan bisa melakukan browsing bahkan melakukan aktifitas vmenonton video online tanpa buffring namun bandwidth tidak saling tarik menarik !

Jadi jangan heran, walau bandwidth anda besar dan managemen bandwidth ( pembagian bandwidth ) sudah bagus tapi pengguna masih merasa lalot atau lambat loading. Karena peran aksespoint sebagai titik akhir jaringan induk menuju ke pengguna.

2. Peran Routerboard ( Mikrotik ) sebagai Management Bandwidth.

Mengapa management bandwidth perlu dilakukan ? hal ini penting agar tidak terjadi "hukum rimba" didalam jaringan internet hotspot anda. Tanpa management bandwwidth tentunya bandwidth yang terbatas itu akan dikuras habis oleh pengguna yang menggunakan software-software penyedot bandwidth, misalnya : Internet Download Manager ( IDM )
Management bandwidth ( pengaturan bandwidth) bahkan membatasi link torrent dari IDM bisa dilakukan. Termasuk pengaturan efektif untuk pelanggan yang melakukan kegiatan video online seperti nonton Youtube.

Jika 2 ( dua ) point diatas telah anda pahami dengan seksama, tentunya jaringan internet wireless yang ada akan berjalan dengan baik dan bandwidth terbatas bukan menjadi kendala lagi.

Hal-hal yang kurang jelas dan jika anda  membutuhkan jasa setting Mikrotik sekolah/ kampus yang lebih profesional, silahkan anda menguhubungi kami IFANETINDONESIA di 0812-4298-9993

Semoga Bermanfaat,-

Pages