Mengapa Mikrotik Wajib untuk Warnet & Game Online?

3 Alasan Warnet Game Online Menggunakan Mikrotik

Perangkat Router yang harganya terbilang murah, mungkin anda sudah tidak asing dengan mikrotik routerboard RB750 dan RB750G atau harga yang tidak berbeda jauh di seri terbaru RB951-2n yang ditambahkan Wireless Built-in.
  • Hemat tempat dan konsumsi listrik.
  • Pengaturan dan monitoring bandwidth atau lalu lintas data terhadap aktifitas browsing, streaming, download, dan game online yang mudah dengan adanya aplikasi winbox. Tutorial cara setting mikrotik untuk warnet game online pun sudah bertebaran.
Kenapa aktifitas aplikasi game online perlu ada pengaturannya atau “dijagain” dan di berikan prioritas lebih terhadap aktifitas internet lainnya? Karena cara kerja game online menggunakan komunikasi paket data realtime 2 arah antara client dan server game,   dan membutuhkan latency / timing penerimaaan dan pengiriman paket data game tanpa delay. Jika terjadi delay  antara komunikasi paket data game tersebut maka terjadi “lagging” atau “lag/freeze/patah2″.
Artikel lanjutan yang dikembangkan dari tutorial sebelumnya Optimasi Point Blank di Mikrotik

3 Syarat Kualitas Jaringan Warnet Anda

Saat anda ingin mencoba settingan bandwidth management untuk warnet game online di mikrotik ini, ada kondisi jaringan yang harus anda pastikan terlebih dahulu. Agar setelah anda setting mikrotik anda, terasa efeknya.
  • Berlangganan paket yang rasional disesuaikan jumlah pengguna atau jumlah komputer klien, contohnya anda berlangganan 1Mbps untuk 20 komputer, hampir tidak efek, browsing saja susah.
  • Latency yang kecil atau bagus, pastikan ping time ke server game / situs lokal anda kecil. Anda bisa melihat kualitas latency atau ping time dengan mengunjungi situs www.pingtest.net, pastikan Grade kualitas jaringan speedy warnet Anda “A” atau minimal “B”.
  • Kapasitas total bandwidth lokal atau IIX stabil pada kecepatan tertentu sesuai paket internet anda, tidak naik turun.

Pages