Header Ads

Rahasia Antena dan Sinyal WiFi Hotspot

Pilih Antena Omnidiractional atau Diractional ( patch ) ?

Karakteristik sebuah antena omni (standar pada router biasa)
dapat dibayangkan sebagai balon udara yang agak digepengkan.
Bentuk lain seperti antena jenis patch akan memiliki arah yang jelas, sehingga kepekaan dan kekuatan signal meningkat pada sudut tertentu.


Antena omni adalah pilihan pertama untuk pengiriman ke segala arah, sementara antena jenis patch lebih tepat bila sebuah penghalang tidak dapat diatasi dengan kekuatan transmisi
dari router. Penggunaannya tentu tergantung kondisi lingkungan di sekitar Anda.

Strategi yang tepat antara lain adalah dalam memilih dan mengganti saluran transfer serta kemampuan menemukan kecepatan transfer yang optimal.Untuk melakukan pengetesan, kita menempatkan Access Point sedemikian rupa sehingga ia harus mengerahkan seluruh "kecerdasannya" untuk mempertahankan koneksi. Nilai ratarata
dari enam pengukuran kecepatan transfer dalam berbagai kondisi (untuk kedua PCI card masing-masing tanpa dan dengan dinding pemisah) menghasilkan nilai "IQ" atau "kecerdasan" dari Access Point.

Nilai antara 2,38 dan 1,68 yang didapat di bawah situasi ekstrem lebih dapat diandalkan dan dibandingkan dengan pengukuran di dalam gedung. Bedanya, kondisi di lab dapat ditentukan dan dikendalikan dengan tepat.

Dalam berbagai situasi kita sering menjumpai seperti gambar disamping ini, lalu yang mana diantara keduanya yang layak dipakai ?

Jika kita harus memilih, maka pilihlah gambar sebelah kiri sekali, dimana konektor antena sangat menentukan karena dialah sebagai ujung tombak untuk mengeluarkan power TX/RX nantinya untuk menerima atau diteruskan ke aksespoint yang ada didalamnya. Jika anda menghubungkannya dengan menggunakan kabel "pigtail " sebaiknya dilakukan penguncian sekencang mungkin ( jangan sampai doll ..) lalu di lapisi dengan isolasi M3 ( anti panas )  selanjutnya dibalut lagi dengan lakban kabel M3 (tipis ) pula. Hal itu dimaksudkan agar tidak terjadi pengapuran saat antena, konektor dan aksespont tersebut kita tempatkan outdoor.
Diberdayakan oleh Blogger.