Konfigurasi Mikrotik sebagai Billing Hotspot

Konfigurasi Mikrotik Billing Hotspot dengan memanfaatkan Mikrotik Router RB750 yang ada, selain untuk kebutuhan Jaringan Lokal Internal, misalnya untuk Warnet dan Management System Bandwitdh.

Manfaat management bandwitdh agar tidak terjadi penguasaan bandwitdh pada satu Ip Address atau satu Klient Warnet saja yang telah terlebih dahulu melakukan download atau memutar Youtube yag cukup memakan Bandwitdh dengan kisaran minimal 512kbps hingga 768 kbps agar tidak terjadi buffering
atau loading video yang lama.

router mikrotik and radius server easyhotspot
Dalam posting sebelumnya , kita sudah tahu tentang mikrotik hotspot. Dan percobaan berikutnya, mikrotik hotspot menambahkan EasyHotspot sebagai server radius. Dapat dilihat pada gambar. Dalam percobaan ini, Chillispot dan halaman login, pada EasyHotspot, tidak digunakan dan harus dihapus. Mikrotik akan menggantikan fungsi Chillispot dan halaman login. Mikrotik merger sebenarnya dengan radius server. Tapi aku sudah lupa apa sistem penagihan hotspot yang digunakan. Dan itu tidak diarsipkan.

Mikrotik.
Lihat posting sebelumnya tentang membuat mikrotik hotspot.  Jika semua ok, lanjutkan dengan langkah-langkah berikut. Radius - kemudian klik tanda plus (+) untuk menambahkan.
mikrotik - radius

Buka kotak dialog akan muncul. Masukkan alamat IP dari server Radius (EasyHotspot), rahasia, misalnya: testing123, pelabuhan, dan memeriksa layanan hotspot. Lalu klik OK.
mikrotik - new radius server settings

Kembali ke Radius dialog terbuka. Klik masuk. Periksa Terimalah, Port 3799. Kemudian OK.
mikrotik - radius port incoming

Buat antarmuka IP terhadap server radius. Dari Winbox, klik IP - Addresses
mikrotik - IP address

Pada kotak dialog baru, alamat IP masukan, dan pilih ether3 sebagai antarmuka untuk radius Server. Lalu klik OK.

mikrotik - IP address settings

Kemudian pada kotak dialog hotspot, klik tab profil server. Klik dua kali hsprof1. Kemudian kotak dialog baru akan muncul. Klik tab radius. Pilih menggunakan jari-jari, dan akuntansi. Lalu klik OK.

mikrotik - hotspot server profiles - settings

Kembali ke kotak dialog hotspot, klik Walled Garden IP List tab. Klik tanda plus (+), maka kotak dialog lain akan muncul. Masukkan alamat IP untuk kotak kosong dst. alamat. Periksa Aksi Terima, kemudian klik OK. Lihatlah gambar di bawah ini.
mikrotik - walled garden

Klik IP - Firewall. Dan di kotak dialog firewall, klik tab NAT. Klik plus (+) untuk menambahkan aturan baru firewall.
mikrotik - IP firewall

The New NAT kotak dialog aturan akan muncul. Dalam kotak kosong src.address, masukkan alamat IP (IP address radius server). Rantai adalah srcnat. Kemudian klik tab tindakan. Dan pilih masquerade, untuk tindakan. Dan kemudian OK.
mikrotik - IP firewall nat settings

Untuk konfigurasi dengan menggunakan EasyHotspot, silahkan lihat artikel sebelumnya

Pages