Ethernet ( LAN Card ) Gigabit & Cara Memaksimalkan

Banyak motherboard yang menggunaan feature "Gigabit Ethernet" sebagai alat marketing mereka. Sebenarnya, kinerja maksimal GigabitEthernet baru bisa dirasakan bila server menggunakan 64 bit PCI atau dipadu dengan motherboard yang memiliki PCI Express.
Dalam banyak kasus, sering kali manfaat Gigabit Ethernet ini tidak didukung dengan infrastruktur yang sesuai, seperti server, switch atau kabel sehingga teknologi baru ini tidak maksimal.

Bila ingin mengoptimalkan pemakaian Gigabit Ethernet, sebaiknya memperhatikan hal-hal berikut :
Terutama saat pembelian barang. Teknologi Gigabit yang sebenarnya bukanlah seperti yang ditawarkan oleh motherboard Pentium 4 atau Athlon yang dipasarkan dalam 2 tahun terakhir ini. Gigabit Controller di dalamnya tidak mendukung kinerja Gigabit secara penuh.

Seperti halnya Network card, controller ini menggunakan PCI Bus yang pada prinsipnya hanya mampu mentransfer 133 Mbps, padahal sebuah Gigabit Controller dapat berkomunikasi secara duplex (paralel menerima dan mengirim) dengan bandwidth sebesar 200 Mbps. Pada prakteknya, kecepatan ini memang
bisa berkurang. Kemampuan PCI Bus hanya terbatas sampai 133 Mbps untuk semua perangkat PCI. Bila PCI Bus masih dibebankan dengan RAID Controller, kecepatan ini bisa menjadi setengahnya.
Kinerja Penuh Dengan 64 Bit PCI . Manfaat maksimal Gigabit hanya dapat diperoleh dengan menggunakan motherboard 64 bit PCI, seperti yang banyak ditawarkan oleh motherboard untuk server dan Intel CSAController pada motherboard ber-chipset i865 atau i875.

Solusi terbaru bisa diperoleh dari PCI Express Controller, baik menggunakan Gigabit PCI Express Card ataupun onboard Gigabit. Semua solusi di atas menawarkan bandwidth yang berlebih untuk mengoptimalkan G i g a b i t (minimal 2 5 0 Mbps). Network card untuk PCI Express saja sebenarnya kurang
memadai.  Dengan feature ini, Anda bisa memasang network gateway dan network Access Point.

Walaupun server sudah dilengkapi dengan hardware Gigabit, kinerja maksimalnya perlu didukung dengan
workstation berteknologi 100 Mbps yang terhubung dengan Gigabit switch atau 100 Mbps switch dengan
uplink Gigabit. Switch ini akan membagi bandwidth server ke semua workstation yang terhubung.
Selain itu, lebih banyak PC dengan 100 Mbps yang dapat mengakses server secara simultan. Kinerja Gigabit ke workstation sudah dapat diperoleh dengan jaringan dengan kabel yang sudah banyak dipakai. Perangkat Gigabit bahkan bisa erhubung dengan kabel CAT5. Namun, tidak dengan teknologi duplex karena bandwidth bisa berkurang menjadi setengahnya.

Untuk mendapatkan kecepatan maksimal Gigabit harus didukung dengan kabel Ethernet CAT6 atau CAT7 yang dirancang khusus untuk sinyal 300 MHz atau 600 Mhz. Harga kabel Ethernet dan patch cable ini pun tergolong tidak mahal.

Semoga bermanfaat.

Pages