Header Ads

Hal Penting membuat PC Warnet Mikrotik

Hampir 2 bulan vakum tidak nge-blog, kali ini IFANET  akan memberikan beberapa Tips dan Trik seputar Hal Penting membuat PC Warnet Mikrotik.

Membuat PC Warnet Mikrotik mungkin dapat menjadi pertimbangan anda, guna mengoptimalkan penggabungan Server Mikrotik dan Proxy Internal yang lebih efisien dan mempunyai kinerja yang cepat melakukan browsing serta penyimpanan cache nantinya.

Alasan lain untuk pembuatan PC Warnet Mikrotik antara lain :
  • Stock Mikrotik Routerboard seperti RB750 atau RB450 kosong atau agak sulit diperoleh di tempat anda.
  • Memanfaatkan PC spek rendah, misalnya Pentium 4, Intel Atom dan lainnya yang sudah tidak terpakai karena penggunaannya tidak dapat lagi menunjang kegiatan anda saat ini.
  • Ingin menggunakan Proxy Eksternal tapi PC anda hanya 1 unit, sementara Mikrotik Routerboard pun sulit diperoleh.
  • Kurang paham soal konfigurasi setting Mikrotik Routerboard dengan PC Proxy Eksternal
  • Ingin ber-kreasi sendiri agar kepuasan dapat anda peroleh. (contoh : gambar PC Mikrotik Kreatif )
Agar berbagai alasan tersebut dapat ter-akomodir secara baik dan sempurna disamping mencoba melakukan kreasi sendiri, ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan untuk pembuatan PC Warnet berbasis Mikrotik, antara lain :
  1. PC Warnet Mikrotik sebaiknya mempunyai Spesifikasi tidak terlalu rendah (Pentium 4 ) karena beberapa faktor pertimbangan Maintenance-nya seperti : Hardisk HDD berbasis ATA yang agak sulit diperoleh saat ini termasuk RAM Memory DDR1 jika anda menggunakan Pentium 4. Kami menyarankan sebaiknya minimal menggunakan PC Warnet Mikrotik berbasis Processor Core2Duo 2,7Ghz - RAM DDR2 2 GB dan HDD minimal 250GB untuk sekaligus digunakan sebagai penyimpanan Cache Proxy secara Internal nantinya.
  2. Jika anda menggunakan Casing kreasi (bukan standart), harap diperhatikan sirkulasi udara untuk mengurangi disipasi panas yang terjadi di dalam kotak casing saat perangkat Hardware bekerja. Apalagi PC Warnet ini pada prinsipnya berfungsi sebagai PC Router.
  3. Instalasi pengkabelan yang rapi juga berperan penting untuk memperbaiki sirkulasi panas yang terjadi.
  4. Perhatikan juga Kipas Pendingin Processor yang digunakan, jika memungkinkan penambahan Kipas mungkin akan lebih baik anda fikirkan sehingga kinerja yang dihasilkan bisa lebih sempurna.
  5. Gunakan jenis Mainboard yang menunjang penambahan LAN Card lain didalamnya.
  6. Setelah kondisi Hardware anda yakin dapat berjalan sempurna selama 24 jam 7 hari hingga minimal 30 hari nonstop, selanjutnya yang paling memegang peranan penting adalah Konfigurasi Settingan Mikrotik untuk keperluan Warnet dan Game Center anda !!!
Bingung setting Mikrotik atau ingin memperbaiki settingan Mikrotik Proxy Internal dan PC Eksternal berbasis Lusca untuk konten dinamic seperti Game Online Point Blank dan Youtube?? Segera hubungi kami sekarang juga ......

Semoga bermanfaat !!
Diberdayakan oleh Blogger.