Header Ads

Setting Super Proxy LUSCA di Ubuntu, IPCop, ClearOS dan Mikrotik

Perkembangan Dunia Routing semakin pesat seiring dengan kebutuhan Bandwitdh yang menjadi andalan utama untuk memperlancar browsing dan download pada setiap akses jaringan Internet.
Dunia warnet dan game center juga sudah mulai memasuki masa dimana semua membutuhkan pengaturan bandwitdh serta setting system jaringan yang handal.

Untuk lebih menghemat kebutuhan Bandwitdh yang terasa semakin berkurang, maka dibutuhkan suatu perangkat yang dapat mengatur hal tersebut. Untuk itu MIKROTIK sebagai salah satu alat yang terasa sangat pantas (wajib) dipakai untuk memenuhi kebutuhan pengaturan bandwitdh serta antisipasi membludaknya pemakaian jaringan padat misalnya pada warnet game serta dan warkop tentunya.

Mikrotik dapat disetting untuk kebutuhan tersebut selain juga dipergunakan untuk web proxy internal atau eksternal. Secara eksternal kita dapat menggunakan PC Router yang berbasis LINUX dimana telah terinstal software Ubuntu Server, IPCO, ClearOS atau FreeBSD sebagai media pendukung penggunaan PROXY Ekternal yang berbasis PROXY LUSCA.

Squid Proxy LUSCA pada prinsipnya akan membantu dalam PENGHEMATAN BANDWITDH secara menyeluruh. Mikrotik akan menunjang kerja proxy squid LUSCA yang akan melakukan CACHE terhadap konten konten yang sifatnya DINAMIS seperti Youtube, Game Online, Point Blank, Lost Saga, Game Empire serta game game flash lainnya. Cache tersebut akan tersimpan dapat media penyimpanan berupa ruang pada hardisk (Eksternal proxy) dan memory Mikrotik (Internal Proxy).

Semua permintaan bandwitdh dari user atau pengguna nantinya akan dilewatkan via Proxy Squid Lusca sebelum ke Speedy. Sehingga bila telah terdapat cache yang serupa maka permintaan tersebut akan diambil langsung dari cache yang telah ada tanpa harus melewati port 80 untuk pengambilan bandwitdh. Jadi akan terasa cepat akses internet walau bandwidh yang tersedia cukup terbatas.

Pengalaman kami untuk setting Mikrotik + proxy Squid Lusca dengan kapasitas Bandwitdh Speedy 1 Mega ( paket Familia) dapat dipergunakan untuk membuat warnet game center untuk 10 klient atau 10 pc plus 1 pc kasir. Apalagi game Point Blankm jika pengaturan pada Mikrotik dan Squid proxy Lusca-nya benar maka akan nampak full bar trus tanpa lag (macet).

Untuk anda yang berada diwilayah kota Makassar dan sekitarnya, jika tidak mau repot dapat pengaturan Bandwitdh dan pembuatan proxy squid Lusca. Silahkan menghubungi IFANET dengan kontak via telephon atau SMS yang tertera pada samping kanan Website ini.

Semoga bermanfaat,-
Diberdayakan oleh Blogger.