Header Ads

Uji Kecepatan Modem EVDO Smartfren

Kualitas suatu Layanan atau Produk yang dijual oleh para produsen kepada konsumen itu sebanding dengan harga jualnya. Jika harga jual "MURAH" maka kualitas jual "mungkin akan jadi MURAH".

Kualitas " murah ", dalam artian bahwa mungkin secara fungsional barang tersebut fungsinya sama, namun secara kualitas tentu akan berbeda. Seperti "TES HARDWARE" yang pernah kami lakukan antara 2 buah Modem yang dikeluarkan SMART, yaitu Type USB Modem EVDO ZTE AC2726 & AC628.

Hasil Tes Hardware, memang memiliki banyak sekali perbedaan, dimana pada akhirnya akan terasa perbedaannya antara USB Modem EVDO yang awalnya di bandrol dengan harga Rp.980.000,- dengan AC628 keluaran terakhir dari SMART yang dibanderol dengan harga Rp.199.000,-. Perbadingannya harganya saja sudah 1 banding 9. Sehingga hasilnya pun amat jauh perbedaannya, antara lain:

Modem EVDO AC2726 (Bandrol awal Rp.980.000,-) : 
  1. Desain Cover Hardware lebih kokoh dan lebih mantap.
  2. Fitur sinyal untuk 1X, EVDO dan Hybrid akan dibaca secara otomatis, sesuai dengan Layanan Sinyal yang dapat ditangkap pada wilayah operasi Modem EVDO tersebut.
  3. Tes Bandwitdh Download dan Upload berjalan sangat stabil . Untuk paket 3,1 Mega download serta Upload bisa mencapai 350 Kbps. Itu saat SMART belum gabung dengan FREN.
  4. Kualitas penerimaan sinyal tidak begitu mempengaruhi jumlah data download dan upload, karena walau penerimaan sinyal hanya 3 bar, namun speed upload dan download masih sesuai dengan paket yang diperoleh.
  5. Disipasi panas yang agak minim, jika dibandingkan dengan generasi terbarunya.
  6. Dapat menggunakan Pigtail tambahan untuk digandengkan dengan antena Outdoor (Yagi)
  7. Dapat digenjot selama 30 x 24 jam NonStop tanpa adanya peningkatan disipasi panas yang berlebih.
Modem EVDO AC628 CONNEX (Bandrol awal Rp.199.000,-) :
  1. Desain Cover Hardware biasa saja, kurang kokoh.
  2. Fitur sinyal untuk 1X, EVDO dan Hybrid akan dibaca tidak secara otomatis, sesuai dengan Layanan Sinyal yang dapat ditangkap pada wilayah operasi Modem EVDO tersebut. Modem ini akan disesuaikan dengan setting yang kita lakukan. Dan jika Model sinyal tersebut bermasalah, maka akan terjadi disconected pada system penerimaan sinyal
  3. Tes Bandwitdh Download dan Upload berjalan sangat tidak stabil . Untuk paket 3,1 Mega download dan Upload 350 Kbps pada jam kerja hanya mampu menghasilkan kecepatan 385Kbps (Download dan 128Kbps Upload). Itu saat SMART sudah gabung dengan FREN sehingga diberi nama SMARTFREN.
  4. Kualitas penerimaan sinyal sangat mempengaruhi jumlah data download dan upload, karena penerimaan sinyal 3 bar saja akan membuat koeksi anda terputus secara tiba-tiba.
  5. Disipasi panas yang sangat tinggi. tes kami dengan menggunakan termometer saat modem ini dijalankan ternyata suhunya mampu mencapai 54 derajat celcius.( setengah mendidih...nih kalau taruh roti diatas modem ini bisa jadi roti kering .)
  6. Tidak dapat menggunakan Pigtail tambahan untuk digandengkan dengan antena Outdoor (Yagi)
  7. Hanya dapat digenjot selama 1 x 24 jam NonStop, karena disipasi panas yang dihasilkan sangat tinggi. Sehingga jika untuk penggunaan lama, harus ditambahkan "Headsink" dibelakang modem ini.
Namun segalanya tergantung dari anda sendiri, yang perlu kami sampaikan bahwa ternyata tidak salah kalau " Harga itu Tidak Pernah Bohong !! "

Semoga Bermanfaat,-
Regard
x_3b7303e5
Diberdayakan oleh Blogger.