Header Ads

Upgrade Firmware Linksys WRT54G dengan Tomato




Untuk Bulan Januari ini, kami dari IFANET coba bahas semua seputar Linksys WRT54G/L/S.Ngngak tahu kenapa, kami hanya ingin sedikit membongkar rahasia dari Akses Point buatan Cisco ini. Memang sih, sangat jarang orang yang berani melakukan eksperiment terhadap barang extreme yang satu ini, pasalnya dia sangat peka dan salah klik bisa berumur satu detik...hehehe...

Kalau tidak salah 2 tahun kemarin, kami pernah bahas seputar kehebatan Linksys ini dengan meng-upgrade firmwarenya ke Talisman. Dimana Talisman bisa membuat Power Linksys naik 2 kali lipat lebih besar daripada menggunakan Linux DDWRT.

Banyak masalah yang sering terjadi saat aksespoint ini anda terapkan sebagai Hotspot Publik (misalnya untuk kafe, kantor atau sekolah).Masalah yang mulai terlihat setelah Linksys ini menerima TCP yang berat dan UDP trafik dari klientnya.Apalagi jika anda menggunakannya untuk Point To Point (P2P) dimana  single klient terkadang terhubung dengan 8 sampai 10 koneksi TCP ke target host di Internet.Bahkan yang paling kacau jika klient kita menggunakan program Bittorent sebagai program P2P, karena fitur DHP terkadang mengirimkan ratusan bahkan lebih UDP yang dapat memperlambat kinerja Linksys ini.

Agar tidak terjadi penurunan kinerja saat Linksys ini beroperasi, maka perlu ditambahkan settingan khusus dimana TCP dan UDP nya perlu dirubah sedikit saja, agar performa dari akses point ini tetap handal.
Soal kutak katik menu ini hanya bisa anda jumpai, jika menggunakan firmware DDWRT atau Tomato yang biasanya dilengkapi dengan Limiter QoS pada bagian menu settingannya tergantung firmware mana yang sedang anda pergunakan.
Untuk limiter aksesnya anda bisa membatasinya jumlah koneksi TCP dengan nilai antara 20-30 dan UDP antara 5 sampai 15 per detik.
Settingan ini akan sangat menjadi lebih efektif guna menjaga performa Linksys agar lebih stabil

Selamat mencoba......(Kegagalan adalah merupakan Awal dari Kesuksesan....jangan pernah takut untuk bereksperiment).

Regard,

@DMiN .....^_^..
Diberdayakan oleh Blogger.