Header Ads

Cara Instal DDWRT di TP-LINK WR741ND Series




Salah satu "dedengkot" Firmware terhandal berbasis LINUX yang telah mendapatkan pengakuan dunia akan kehandalannya untuk menciptakan suatu perangkat Wireless atau AksesPoint biasa menjadi Akses Point SUPERIOR dan memiliki Fitur serta fungsi yang lengkap adalah DD-RWT Firmware !!

Walau banyak pesaing lain yang juga dapat digunakan seperti OPENWRT, TOMATO dan lainnya. Namun secara global DDWRT lebih mempunyai banyak jenis Firmware yang dapat terkonfigurasi dengan hampir semua merek aksespoint yang ada didunia ini.
Firmware OpenSource ini memang hanya diperuntukkan buat kalangan yang sudah terbiasa [berpengalaman] melakukan upgrade firmware dengan berbasis LINUX. Mengapa demikian ?

Perlu anda ketahui bahwa, melakukan upgrade firmware pada suatu perangkat akan menyebabkan kerusakan total pada perangkat tersebut [blinking], jika salah prosedur atau firmware yang anda miliki tidak lengkap prosedur dan kapasitasnya. Sekali lagi kami himbau bahwa jangan melakukan upgrade firmware jika anda belum terbiasa !!

Oke.....sekarang kita mulai ke inti permasalahan untuk melakukan Upgrade Firmware salah satu produk TP-Link terbaru yaitu WR741ND/841ND/941ND versi.1 dan versi.2 ke DDWRT. Secara umum melakukan Upgrade firmware dapat anda lakukan lewat Fitur Aministrator Firmware yang ada pada setiap perangkat Wireless manapun, namun dimana tingkat kesulitan untuk melakukan upgrage firmware perangkat yang satu ini ?

  • Perangkat ini memiliki 2 versi yaitu Versi 1 dan Versi.2
  • Label yang terpasang mungkin akan berbeda dengan versi yang terdapat pada board-nya. Sehingga disarankan untuk anda melihat type board yang dimiliki.
  • Pastikan bahwa Chipset yang dimiliki adalah cocok untuk versi dan type Processor-nya. Umumnya memiliki Chipset bertype Atheros !
  • Melakukan Upgrade Firmware, berarti anda siap kehilangan Garansi alat yang dimilki.
  • Sebelum melakukan Upgrade ke DDWRT anda harus melakukan Flashing Chipset to Factory terlebih dahulu.

Cukup singkat melakukan Upgrade terhadap perangkat ini, sesuaikan urutan dibawah ini :[sebelumnya download dulu 3 file firmware-nya !!]

  1. Open-WRT [wireless_type]-squashfs-factory > tunggu hingga 5-6 detik akan reboot.
  2. Open-WRT [wireless_type]-squashfs-sysupgrade > reboot lagi setelah itu.
  3. [wireless_type]-webflash > reboot lagi setelah itu...! dan selanjutnya tinggal anda setting dan upgrade TX Powernya dari 7 hingga 25dB.

 Perbedaan yang anda peroleh setelah melakukan Upgrade Firmware ke DDWRT system, antara lain :
  • Performa jauh lebih Stabil dari sebelumnya.
  • Jangkauan akan lebih luas karena Power dapat dinaikkan hingga 25 dB
  • Throghput yang dapat di setting hingga 150Mbps (Wireless N)
  • Berkurangnya disipasi panas yang dihasilkan oleh Chipset tersebut.
  • Dapat melakukan Distribusi Sinyal Wireless atau Repeater ke AksesPoint lain lewat Fitur WDS yang dimiliki.
  • Routing system yang lebih Stabil.
  • Kompatibel dengan System Chilli dan Cova untuk pembuatan Hotspot RTRWNet system Voucher.

Semoga, apa yang kami berikan dapat memberikan manfaat bagi anda sekalian....GodLuck !

Regard
x_3b7303e5
Diberdayakan oleh Blogger.